Kemenparekraf Dorong Perluasan Pasar Produk Bumbu dan Rempah Indonesia

Ajang Berita - Kemenparekraf dorong perluasan pasar produk bumbu dan rempah Indonesia. Program Indonesia Spice Up The World diharap dapat kuatkan jejaring dan perluas pemasaran industri kuliner Indonesia.

Kemenparekraf Dorong Perluasan Pasar Produk Bumbu dan Rempah Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indonesia melakukan penguatan jejaring dengan berbagai pihak termasuk pegiat kuliner, importir bumbu hingga pengusaha restoran non-Indonesia di New York demi memperluas pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia melalui program Indonesia Spice Up The World.
kemenparekraf-dorong-perluasan-pasar-produk-bumbu-dan-rempah-indonesia
Kemenparekraf dorong perluasan pasar produk bumbu dan rempah Indonesia
Kemenparekraf berkoordinasi bersama KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia), KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) melakukan penguatan jejaring, pertemuan-pertemuan dengan pegiat kuliner, importir bumbu, pengusaha restoran non-Indonesia yang ada di New York, kata dia dalam konferensi pers daring, Senin (26/7).

Tak hanya itu, perluasan jejaring juga dilakukan melalui perhelatan Dubai World Expo 2020, yang diharapkan bisa menjangkau tidak hanya pasar di benua Amerika tetapi juga wilayah potensial lainnya, seperti di Qatar, Kemenparekraf kerja sama dengan KBRI Qatar, Doha. 

Kemenparekraf harapkan selain menjadi diplomasi gastro tetapi juga menjadi ajang promosi pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif Indonesia, tutur Sandiaga.

Indonesia Spice Up The World selain untuk memperluas pemasaran produk bumbu juga menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri atau sebagai bagian dari gastrodiplomasi restoran.

Inilah alasannya ada 4000 restoran Indonesia di luar negeri dilibatkan.

Sandiaga menargetkan program ini bisa meningkatkan nilai ekspor bumbu dan rempah tanah air di tahun 2024 hingga mencapai 2 miliar dolar Amerika Serikat.

Data nilai ekspor bumbu/ rempah olahan dan komoditas/ rempah segar Indonesia, seperti dikutip dari siaran pers Kemenparekraf tercatat mengalami tren positif dengan rata-rata pertumbuhan 2,95 persen selama lima tahun terakhir.

Pada 2020, nilai ekspor tercatat sebesar 1,02 miliar dolar Amerika Serikat.

Amerika Serikat sendiri tergolong pasar yang besar untuk pengembangan pasar rempah dan kuliner khas Indonesia dengan kisaran sekitar 20-25 persen dari pasar ekspor rempah Indonesia.

Program ini disandingkan dengan inisiasi 4000 restoran Indonesia di luar negeri dan dimulai di New York.

Indonesia Spice Up The World

Indonesia Spice Up The World merupakan salah satu program utama pemerintah yang melibatkan lintas kementerian/ lembaga sebagai salah satu upaya perluasan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia.

Selain itu juga menguatkan industri kuliner Indonesia dengan pengembangan restoran Indonesia di luar negeri atau sebagai bagian dari gastrodiplomasi restoran.
indonesia-spice-up-the-world-tingkatkan-peluang-indonesia-di-industri-kuliner-dunia
’Indonesia Spice Up The World’ tingkatkan peluang Indonesia di industri kuliner dunia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Weekly Press Briefing yang digelar secara daring, Senin (19/7/2021) mengatakan, “Indonesia Spice Up The World” diharapkan akan meningkatkan peluang Indonesia di industri kuliner dunia.

Pihaknya mendukung penuh program yang digagas Kemenko Marves tersebut dengan berangkatnya delegasi pendukung ke Amerika Serikat dalam waktu dekat.

"Program ini sudah dirancang dengan baik sejak lama. Ini adalah pilihan, ditunda atau dijalankan dengan adaptasi.
Adaptasi ini yang saya ambil sebagai langkah untuk memastikan pemulihan ekonomi kita tidak tertunda.
Bahwa kita tidak akan sepenuhnya hadir secara fisik, tapi hybrid," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, berdasarkan data, nilai ekspor bumbu/rempah olahan dan komoditas/rempah segar Indonesia mengalami tren positif dengan rata-rata pertumbuhan 2,95 persen selama lima tahun terakhir.

Pada 2020, nilai ekspor tercatat sebesar 1,02 miliar dolar AS. Target dari “Indonesia Spice Up The World” hingga 2024 mendatang adalah peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi 2 miliar dolar AS. Selain itu juga hadirnya 4.000 restoran Indonesia di luar negeri.

"Pelaku parekraf kita butuh pasar di luar negeri, mereka harapkan bahwa pandemi ini bisa membuka peluang-peluang rempah Indonesia untuk berkembang.

Kita tidak boleh menurunkan semangat dan persiapan agar pelaku ekonomi kreatif, terutama UMKM kita bela. Kita harus hadir dan mereka butuh pasar ini," kata Sandiaga.

Peluang Indonesia di Industri Kuliner Dunia

Amerika Serikat sendiri dikatakan Sandiaga merupakan pasar yang besar untuk pengembangan pasar rempah dan kuliner khas Indonesia. Sekitar 20-25 persen dari pasar ekspor rempah Indonesia.

"Jadi peluang besar juga adalah restoran Indonesia di sana. Dalam koordinasi dengan tim Konjen RI di sana, ada sekitar 100 sampai 150 restoran yang dapat berpartisipasi dalam mewujudkan 4.000 restoran Indonesia di luar negeri," kata Sandiaga.

Kehadiran delegasi Kemenparekraf nantinya sebagai langkah awal dalam program “Indonesia Spice Up The World” dengan melakukan koordinasi bersama KBRI dan KJRI di New York.

Melakukan penguatan jejaring melalui pertemuan dengan para penggiat kuliner, importir bumbu, dan pengusaha restoran non Indonesia di New York untuk ikut berperan aktif menyemarakkan program dan mendorong pembukaan restoran baru berbasis kuliner Indonesia di New York.

Selain juga melakukan pertemuan terkait International Year of Creative Economy dengan PTRI untuk menekankan kembali posisi Indonesia dan peluang untuk kerja sama internasional; serta penguatan jejaring strategis lainnya antara lain di bidang musik, wisata minat khusus, dan MICE.

"Walau saya sudah mendapat persetujuan pimpinan, tapi saya putuskan untuk tidak berangkat tapi ikuti kegiatan secara hybrid," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga juga menyatakan pihaknya berkomitmen untuk menjalankan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu bagi industri dan juga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemenparekraf akan mempercepat kebijakan yang berpihak pada pelaku parekraf melalui program mandiri maupun kolaborasi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Di antaranya adalah Restrukturisasi Kewajiban Perbankan, Program Penjaminan Kredit Usaha, baik untuk UKM maupun usaha besar atau korporasi, program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara untuk usaha perorangan mikro, pemerintah telah menyediakan program Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM).

Pemerintah juga meluncurkan program untuk membantu beban operasional usaha melalui relaksasi biaya listrik dan juga perpajakan untuk para pekerja dan masyarakat yang terdampak. Pemerintah juga telah menyediakan program Pra Kerja dan Bansos.

Di sektor parekraf sendiri, Kemenparekraf telah mengajukan ke Kementerian Keuangan dan mempersiapkan secara khusus program PEN dengan pagu anggaran sebesar Rp2,4 triliun.

Program PEN tersebut dijalankan melalui sejumlah program, yaitu: Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), Bangga Buatan Indonesia (BBI), Sertifikasi CHSE bagi usaha Pariwisata, PEN Film, dukungan akomodasi hotel untuk tenaga kesehatan, juga Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP).

Kemenparekraf mendorong para pelaku pariwisata untuk memanfaatkan program-program yang telah dipersiapkan agar dapat menciptakan peluang-peluang baru, meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri, serta mempersiapkan daya tarik wisata yang lebih baik lagi.

"Kita akan pastikan ketepatan sasaran program serta akuntabilitasnya," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Hal ini dalam rangka mendukung Kemenparekraf dorong perluasan pasar produk bumbu dan rempah Indonesia.
jasa-pengiriman-ekspedisi