Ajang Berita - Tiga kebiasaan sehat ini dapat menjaga kesehatan masyarakat dalam situasi pandemi. Sosialisasikan 3 kebiasaan sehat, Dettol luncurkan gerakan Keluarga Sehat Indonesia Kuat untuk dukung program Pemerintah.
Tiga Kebiasaan Sehat Ini Dapat Menjaga Kesehatan Masyarakat Dalam Situasi Pandemi
Untuk mendampingi keluarga Indonesia dalam melawan pandemi COVID-19, Reckitt Indonesia, perusahaan produk konsumen global terkemuka yang hadir dengan tiga pilar health, hygiene, and nutrition, melalui salah satu mereknya Dettol, meluncurkan gerakan "Keluarga Sehat Indonesia Kuat".
Tiga kebiasaan sehat ini dapat menjaga kesehatan masyarakat dalam situasi pandemi |
Bersama dengan pemangku kepentingan strategis, seperti Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan tokoh masyarakat lainnya, Dettol ingin melibatkan seluruh keluarga Indonesia untuk berkomitmen menerapkan tiga (3) kebiasaan sehat sederhana, yaitu
- Mencuci tangan dengan sabun
- Mandi setelah beraktivitas
- Mendisinfeksi rumah secara rutin
Gerakan ini juga memberikan edukasi kesehatan dan akses kebersihan bagi masyarakat, agar dapat berkontribusi secara langsung bagi Indonesia yang lebih kuat.
Acara peluncuran masih dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 yang bertema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".
Selain itu memberikan optimisme bahwa masyarakat Indonesia mampu dan senantiasa tangguh dalam situasi pandemi.
Dettol percaya bahwa keluarga merupakan fondasi unit sosialisasi di masyarakat yang dapat menjadi agen perubahan untuk fungsi perlindungan dan edukasi bagi segala usia dan beragam latar belakang di Indonesia.
Sebelum peluncuran gerakan ini, Dettol juga telah menunjukkan kontribusinya melalui sejumlah kegiatan donasi bagi tenaga kesehatan dan pusat vaksinasi bagi masyarakat umum di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya pada Juni dan Juli 2021.
Dettol berharap sejumlah aksi nyata tersebut dapat berkontribusi bagi perlindungan keluarga Indonesia dalam mencapai kekebalan komunal (herd immunity).
Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia, menyatakan, "Sebagai perusahaan yang terus berusaha memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kebersihan para konsumen kami, Reckitt terus berkomitmen untuk melindungi, menyembuhkan, dan bersama-sama menciptakan dunia yang lebih sehat dan lebih bersih.
Kami percaya bahwa akses kebersihan, kesejahteraan, dan nutrisi yang berkualitas tinggi merupakan sebuah hak bagi semua pihak dan individu, tanpa terkecuali.
Dettol percaya bahwa cinta dan kasih sayang yang telah tertanam di keluarga Indonesia dapat menjadi modal yang kuat untuk menciptakan perubahan positif bagi bangsa.
Melalui solusi produk Dettol, kami percaya bahwa setiap anggota keluarga memegang peranan penting untuk melindungi satu sama lain dari segala jenis virus atau penyakit yang dapat dicegah di masa depan.
Mulai dari langkah kecil, kita bisa menciptakan perubahan untuk keluarga yang lebih sehat dan mencapai bangsa yang lebih kuat.”
Dalam sambutannya, ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini hanyalah awal dari komitmen jangka panjang Reckitt Indonesia melalui Dettol untuk terus berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi keluarga Indonesia.
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, S.E, M.A, Ph.D. mengapresiasi Gerakan Keluarga Sehat Indonesia Kuat ini,
"Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus berupaya mengakselerasi jangkauan vaksinasi, serta terus meningkatkan Tracing, Testing, dan Treatment sebagai bagian dari upaya menurunkan laju penularan virus COVID-19.
Selain itu juga sangat penting juga bagi keluarga Indonesia untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Kami juga sangat mengapresiasi langkah perusahaan ini sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk terus mengingatkan keluarga Indonesia dengan tiga kebiasaan sehat sederhana, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat.”
Menambahkan dalam diskusi, aktris, pengusaha, dan Duta Sehat Dettol, Dian Sastrowardoyo mengatakan,
“Sebagai ibu, saya percaya jika setiap anggota keluarga sangat berperan penting dalam melindungi satu sama lain dari penyakit yang dapat dicegah.
Di masa–masa menantang saat ini yang belum pernah terjadi sebelumnya, penerapan protokol kesehatan yang ketat tidaklah cukup.
Kita perlu untuk terus mengingatkan orang yang kita cintai, keluarga kita, untuk mulai menerapkan kebiasaan konsisten yang bisa menjaga bangsa tetap tangguh dalam melawan pandemi.
Ini adalah nilai khas yang Dettol dan saya percayai, yang memperkuat semangat saya untuk bergabung dalam gerakan ini.”
Dian menambahkan bahwa, selama bertahun–tahun, Dettol telah membuktikkan keahliannya dalam melindungi keluarga Indonesia.
Sosialisasikan 3 kebiasaan sehat, Dettol luncurkan gerakan Keluarga Sehat Indonesia Kuat untuk dukung program Pemerintah |
Lebih lanjut, Reisa Broto Asmoro, Duta Sehat Dettol dalam diskusi juga menambahkan,
“Terjadi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menerapkan protokol kesehatan.
Dari yang tadinya belum menyadari menjadi lebih sadar dan terbiasa serta mengetahui pentingnya protokol kesehatan untuk dilakukan di masa sekarang.
Artinya protokol kesehatan ini seharusnya menjadi gaya hidup baru bermasyarakat di masa sekarang.”
Oleh karena itu, baginya seluruh pihak harus saling bahu membahu untuk mengingkatkan penerapan protokol kesehatan, salah satunya mencuci tangan dengan sabun.
"Sebagai merek terkemuka pada solusi kebersihan dan sanitasi bagi konsumen, kami berkomitmen untuk memberikan edukasi rutin dan akses berkelanjutan agar memperkuat perilaku kebiasaan sehat yang dapat dimulai dari keluarga.
Hari ini peluncuran “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat” menandai kolaborasi kuat kami dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan mitra strategis lainnya guna menciptakan perubahan sosial yang berdampak melalui tiga langkah sederhana untuk membangun Indonesia yang lebih kuat.
Target kami adalah menjangkau 65 juta masyarakat Indonesia melalui lintas kemitraan dan beragam touchpoint multimedia termasuk edukasi langsung kepada lebih dari 1.2 Juta anak sekolah.
Kami juga menyediakan puluhan ribu produk Dettol melalui layanan GrabCar Protect dari Grab sebagai official super app partner Grab, akses higienitas dengan jaringan minimarket Alfamart, hingga KG media sebagai media partner kami,” ujar Donny Wahyudi, Head of External Communications and Community Affairs Reckitt Indonesia.
Reckitt hadir untuk melindungi, menyembuhkan, dan terus menjaga kualitas dunia yang lebih sehat dan lebih bersih.
Mereka percaya bahwa akses pada kebersihan, kesejahteraan, dan nutrisi yang berkualitas tinggi merupakan sebuah hak bagi semua pihak dan individu, tanpa terkecuali.
Reckitt adalah perusahaan dibalik sejumlah merek konsumen dunia yang dikenal dan dipercaya pada kebersihan, kesehatan, dan nutrisi, termasuk Air Wick, Calgon, CililitBang, Clearasil, Dettol, Durex, Enfamil, Finish, Gaviscon, Harpic, Lysol, Mortein, Mucinex, Nurofen, Nutramigen, Strepsils, Vanish, Veet, Woolite, dan lainnya.
Setiap hari, lebih dari 20 juta produk Reckitt terjual secara global.
Reckitt selalu mengutamakan konsumen dan masyarakat secara umum, mencari peluang–peluang baru, memastikan kualitas pada semua yang dilakukan, sertamembangun keberhasilan bersama dengan seluruh mitranya.
Reckitt berkomitmen untuk selalu melakukan hal yang benar.
Tim global Reckitt terdiri lebih dari 43,000 orang.
Reckitt memanfaatkan semangat kebersamaannya untuk mencapai ambisi pada merek–merek yang penuh makna: sebuah planet yang lebih sehat dan komunitas yang lebih adil.
Kisah Dettol dimulai di rumah sakit 86 tahun yang lalu, di mana Dettol digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan peralatan operasi guna melindungi ibu dari penyakit setelah melahirkan.
Semenjak saat itu, cairan Dettol menjadi metode yang dipercaya dan efektif di berbagai belahan dunia untuk membersihkan luka karena sayatan, gigitan dan sengatan serangga.
Dan juga untuk kebersihan pribadi guna membantu ibu melindungi keluarga mereka dari kuman berbahaya.
Produk Dettol aman digunakan di kulit namun ampuh digunakan untuk membunuh kuman di lingkungan sekitar.
Meski Dettol memulai sejarahnya dengan pencegahan infeksi dan penyakit di rumah sakit di Indonesia, misi brand Dettol jauh lebih besar dari itu, yaitu untuk melindungi keluarga sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari-hari di rumah.
Setiap tahunnya, Dettol berkomitmen untuk melakukan lebih untuk keluarga di seluruh dunia.
Mulai dari mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengajar anak-anak pentingnya mencuci tangan hingga menyediakan perlengkapan untuk ibu baru dalam membantu merawat kebersihan bayi mereka.
Sehingga tiga kebiasaan sehat ini dapat menjaga kesehatan masyarakat dalam situasi pandemi.