Diguyur Pendanaan Senilai USD 96 Juta, Valuasi Perusahaan Retail Kopi Ini Tembus USD 1 Miliar

Ajang Berita - Diguyur pendanaan senilai USD 96 juta, valuasi perusahaan retail kopi ini tembus USD 1 miliar. Kopi Kenangan, new retail F&B dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, sukses raih status "Unicorn" setelah memperoleh Pendanaan Seri C.

Diguyur Pendanaan Senilai USD 96 Juta, Valuasi Perusahaan Retail Kopi Ini Tembus USD 1 Miliar

Kopi Kenangan, jaringan makanan dan minuman (F&B) dengan konsep New Retail yang memiliki pertumbuhan tercepat di Indonesia, juga dikenal sebagai penyaji kopi lokal berkualitas dengan cita rasa terbaik, hari ini mengumumkan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai USD 96 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.
diguyur-pendanaan-senilai-usd-96-juta-valuasi-perusahaan-retail-kopi-ini-tembus-usd-1-miliar
 Diguyur pendanaan senilai USD 96 juta, valuasi perusahaan retail kopi ini tembus USD 1 miliar
Melalui pendanaan ini, valuasi perusahaan kini menembus USD 1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.

Pendanaan Seri C dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Pendanaan ini diperoleh setelah Kopi Kenangan mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik yang tinggi, termasuk dari beberapa portfolio barunya, seperti brand roti bernama Cerita Roti, ayam goreng Chigo, soft-cookies Kenangan Manis, sekaligus menghadirkan berbagai inovasi baru seperti menu topping Sultan Boba.

Kopi Kenangan juga berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang baik selama 12 bulan terakhir, dengan angka penjualan lebih dari dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.
Hal ini berhasil dilakukan dengan menjaga tingkat profitabilitas yang sehat pada setiap gerai, sekaligus memangkas periode balik modal setiap gerai menjadi lebih singkat.
Selama satu tahun terakhir, aplikasi Kopi Kenangan juga tercatat sebagai aplikasi kopi yang paling banyak diunduh dan berhasil meraih peringkat terbaik di Indonesia.

Perluas Jangkauan dan Penuhi Kebutuhan Pasar

Dengan pendanaan baru ini, Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat ekspansi Cerita Roti, Chigo serta Kenangan Manis ke seluruh Indonesia.

Kopi Kenangan juga akan terus memperluas jaringannya hingga merambah pasar internasional. Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan mengatakan, "Merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat mengumumkan pendanaan yang menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara.
Dukungan dari para investor kami, baik mereka yang telah mendukung kami sejak awal maupun para investor baru, merupakan bukti sekaligus memotivasi kami untuk terus fokus dalam meningkatkan produktivitas gerai dengan memanfaatkan teknologi demi mewujudkan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan.
Visi kami adalah menjadi merek yang paling dicintai para pelanggan di Asia Tenggara, selain itu, terkait rencana 5 tahun ke depan, kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar."

Model Bisnis New Retail yang Memadukan Kanal Offline dan Online

Kopi Kenangan didirikan Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017 dan berhasil mengisi celah pasar antara kopi dengan harga premium yang disajikan jaringan gerai kopi internasional dan kopi instan yang dijual di banyak kios jalanan di Indonesia.

Pelanggan dapat dengan mudah memesan kopi lewat aplikasi, baik untuk dikirim ke rumah, atau mengambil langsung di salah satu dari gerai Kopi Kenangan di Indonesia.

Melalui model bisnis New Retail yang memadukan kanal daring dan luring, Kopi Kenangan berhasil menarik hati banyak pelanggan dan hanya dalam waktu 4 tahun, Kopi Kenangan telah bertumbuh menjadi Kenangan Brands dan mempekerjakan lebih dari 3.000 staf di lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia.

Selama pandemi Covid-19, Kopi Kenangan juga membuktikan kemampuan beradaptasinya dengan iklim usaha dan tantangan yang terus berubah.
Langkah ini ditempuh dengan menjalankan strategi-strategi baru, seperti menerapkan sistem pesanan nirkontak (contactless booking request) yang membantu meningkatkan pertumbuhan pendapatan dan basis pengguna.
Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan telah menyajikan 40 juta cangkir dengan target 5,5 juta cangkir per bulan pada Q1 2022.

Bosun Hau, Managing Director, Tybourne Capital Management, mengatakan, "Hanya dalam waktu singkat, Edward dan James, didukung dengan tim manajemen yang berpengalaman, berhasil mengembangkan bisnis secara signifikan, sekaligus mengatasi berbagai tantangan dan krisis akibat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Kami sangat menantikan dapat melihat potensi Kopi Kenangan dan visinya untuk menjangkau pasar F&B yang berkembang pesat di Asia Tenggara.

Keunggulan tim Kopi Kenangan, dipadukan dengan jiwa wiraswasta dan pemahaman yang luas tentang industri F&B, serta kemampuan dalam pemanfaatan teknologi guna menjaga dan menjangkau pelanggan, sekaligus meningkatkan efisiensi dan penjualan merupakan hal-hal yang dapat menopang masa depan unicorn baru asal Indonesia ini."

Jaringan Non-Waralaba dengan Pertumbuhan Tercepat di Indonesia

Kopi Kenangan adalah jaringan F&B non-waralaba berkonsep New Retail yang memiliki pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Dikenal luas dengan kopi bercita rasa terbaik, saat ini Kopi Kenangan memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia.

Kopi Kenangan yang didirikan pada 2017 berhasil mengisi sweet spot antara kopi berharga tinggi yang disajikan pebisnis kopi internasional dan kopi instan yang dijual di kios pinggir jalan.

Pada 2020, Kopi Kenangan mengembangkan sayapnya ke industri makanan dengan meluncurkan varian roti bernama Cerita Roti, diikuti brand ayam goreng dengan nama Chigo dan soft-cookies brand Kenangan Manis pada 2021.

Melalui pemahaman dan eksplorasi akan cita rasa lokal serta model bisnis 'New Retail' yang berfokus pada pengalaman offline dan online pelanggan, Kopi Kenangan memiliki visi untuk menjadi jaringan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, hingga Asia Tenggara.

Visi ini terwujud melalui produk berkualitas yang terjangkau, layanan cepat dan bersahabat, pengendalian mutu, serta pengembangan bisnis yang kreatif.

Tybourne Capital Management adalah investor global yang menyasar pertumbuhan bisnis di pasar publik dan permodalan tertutup (private equity). Tybourne bergerak di sektor Konsumer, Finansial, Kesehatan, dan TMT.

Berdiri pada 2012, Tybourne berkantor pusat di Hong Kong dan memiliki kantor di San Francisco. Tybourne mengelola permodalan jangka panjang dengan mewakili berbagai pihak terkemuka, seperti lembaga nirlaba, dana abadi universitas, lembaga investasi milik negara, lembaga pengelola dana pensiun, dan pengelola aset keluarga.

Tybourne Capital Management membantu Kopi Kenangan sehingga setelah diguyur pendanaan senilai USD 96 juta, valuasi perusahaan retail kopi ini tembus USD 1 miliar.
jasa-pengiriman-ekspedisi